Indonesia Awesome

all about tourism & culture of Indonesia

Angklung Buhun, Ritual and Identity Companion Baduy community

Indonesia Awesome,
foto: disbudpar.pandeglangkab.go.id
Upacara tradisional Seren epidemi adalah salah satu tradisi di Banten Sunda orang yang kental dengan magis dan sakral. Nuansa sakral ini dibentuk oleh tahapan ritual khusyuk dalam iringan alat musik yang menyertai suara. Di antara alat musik tradisional lainnya epidemi prosesi seren, ada alat musik bambu yang disebut angklung buhun.

instrumen yang diyakini berasal dari Lebak, Provinsi Banten. Buhun sendiri dalam bahasa Sunda berarti tua atau kuno. Nama ini memanifestasikan sejarah panjang keterlibatan dengan instrumen Baduy warisan ini. Secara historis, angklung buhun muncul hampir bersamaan dengan pembentukan Baduy sendiri. Oleh karena itu, seni dianggap signifikan dalam menjaga keberadaan Baduy.
Angklung Buhun Video
Sumber: YouTube.com
Dari segi bentuk, angklung buhun perbedaan tidak signifikan angklung pada umumnya. Suaranya kurang lebih sama. Sedikit perbedaan hanya pada pernak-pernik di sisi bingkai angklung ini. Angklung Buhun biasanya datang dengan batang padi yang diikat dalam kelompok atau dedaunan tassel.

Berbeda dari angklung umum, angklung buhun warisan masyarakat adat yang digunakan khusus dalam ritual tradisional. Oleh karena itu, saat ini cukup sulit untuk menemukan kelompok yang mementaskan seni atau studio Buhun angklung. Kecuali dalam organisasi ritual tradisional seperti Seren Taun, kesenian ini jarang ditemui di masyarakat. Indonesia Awesome
(Sumber artikel: Indonesia kaya)
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Angklung Buhun, Ritual and Identity Companion Baduy community"